Search

SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS DIAN NUSWANTARA



           Universitas Dian Nuswantoro didirikan pada tahun 2001 berdasarkan SK Mendiknas RI No. 169/D/O/2001 tanggal 30 Agustus 2001. Pendirian ini didasari atas upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kelembagaan pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Dian Nuswantoro. Sejak berdirinya hingga sekarang, Universitas Dian Nuswantoro memiliki 5 Fakultas dan 2 Program Pascasarjana, yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknik dan Program Magister Komputer S2 Teknik Informatika serta Program Magister Manajemen S2. Sampai saat ini lembaga pendidikan tinggi ini telah memiliki kampus yang representatif dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai untuk mendukung pengembangan keilmuan yang dibutuhkan. Berbagai upaya untuk selalu meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi terus dilakukan dan ditingkatkan. Peningkatan kualitas sumber daya input (calon mahasiswa), peningkatakn kualitas SDM dosen, peningkatan sarana laboratorium, upaya perolehan status akreditasi program studi, penerapan sistem penjaminan mutu, peningkatan kerjasama dengan stakeholder, perbaikan proses belajar mengajar, peningkatan produktivitas dan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat,
peningkatan layanan perpustakaan, peningkatan fasilitas kampus dan lain-lain selalu dilakukan dari tahun ke tahun sesuai dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki oleh Universitas Dian Nuswantoro pada khususnya dan Yayasan Dian Nuswantoro sebagai penyelenggara perguruan tinggi pada umumnya. Pada tahun akademik 2005/2006 ini, Universitas Dian Nuswantoro memiliki 6.779 mahasiswa aktif. Sedangkan pada tahun 2009/2010 memiliki 8.497 mahasiswa aktif dengan Jumlah staf akademik tetap sebanyak 173 orang. Dari aspek umur, sebagian besar (58,24% atau 159 orang) merupakan dosen muda dan dalam usia produktif (31-40 tahun). Menurut tingkat pendidikannya, sebagian besar (42,49% atau 116 orang) berpendidikan S2.


0 comments:

Post a Comment